Popular Post

Popular Posts

Posted by : pondok ilmu Sabtu, 15 Oktober 2016


Manfaat Membuat Skala Prioritas Tugas

Sering kali seorang siswa merasa stress dan tertekan karena menumpuknya tugas sekolah yang belum diselesaikan. Biasanya hal itu terjadi karena siswa tidak memiliki skala prioritas tugas dan sering menunda nunda untuk menyelesaikan tugas. Menunda untuk menyelesaikan satu tugas hari ini berarti menambah satu kesetresan besok. Karena jika kita menunda menyelesaikan tugas maka semakin hari tugas itu akan semakin banyak. Berniat untuk menunda pekerjaan agar tidak stress hari ini justru akan menciptakan ribuan tunas kesetresan besok.



Tugas yang diselesaikan dengan tergesa gesa hasilnya akan tidak total. Biasanya hasil tugas yang kurang memuaskan disebabkan oleh waktu pengerjaannya yang terlalu dekat dengan deadline. Terlalu mepet-nya pengerjaan tugas dengan deadline kemungkinan terjadi karena sebelumnya siswa lupa jika hari itu ada tugas yang harus diselesaikan. Misalnya hari Rabu tanggal 27 November 2013 untuk Mata Pelajaran Sejarah diberikan tugas merangkum Bab “Pedagang, Penguasa dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu dan Buddha)”  dan harus dikumpulkan Rabu depan. Siswa A yang punya skala prioritas dan mengetahui bahwa tugas ini memakan banyak waktu, maka ia mengerjakan tugas itu secara bertahap, sedikit demi sedikit dikerjakannya selama satu minggu, akhirnya pada hari pengumpulan Siswa A tidak memiliki masalah. Akan tetapi, lain lagi dengan siswa B yang tidak memiliki skala prioritas, dia baru ingat kalau ada tugas merangkum Pelajaran Sejarah pada Selasa malam dan kebetulan pada hari Rabu juga dijadwalkan ada ulangan Matematika, akhirnya pada Selasa malam dia kesulitan membagi waktunya antara harus belajar Matematika dan merangkum Sejarah, disinilah terlihat betapa pentingnya menyusun skala prioritas tugas.

Menyusun skala prioritas tugas berarti memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan, dalam penyusunan skala prioritas kita harus memperhatikan ha-hal berikut:

  •         Kapan tugas tersebut harus dikumpulkan?   
  •         Seberapa sulitkah tugas itu?
  •         Apakah tugas itu dikerjakan sendiri ataukah bersama kelompok?

Pada dasarnya kita harus mengetahui kapan tugas itu harus dikumpulkan, tugas Kimia yang dikumpulkan pada hari Senin akan lebih dulu dikerjakan daripada tugas Biologi yang dikumpulkan hari Selasa. Selajutnya, kita juga harus mengetahui dan memahami seberapa sulitkah tugas itu, jika tugas itu sulit kita harus memprioritaskannya daripada tugas yang lain. Carilah subjek pelajaran tersulit dan lebih membutuhkan upaya serta energi yang besar dalam menyelesaikannya. Setelah kita menyelesaikan tugas tersebut, kita akan lebih mudah untuk menyelesaikan sisa tugas. Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam penyusunan skala prioritas adalah apakah tugas itu harus dikerjakan secara mandiri ataukah berkelompok. Akan lebih mudah jika kita menyelesaikan tugas kelompok dulu lalu baru menyelesaikan tugas pribadi. Karena biasanya tugas kelompok itu membutuhkan energy dan pemikiran yang besar dalam penyelesainnya.

Siswa yang mampu menyusun skala prioritas tugas hidupnya akan lebih terorganisir dengan baik. Dia akan bisa membagi waktu antara kapan harus makan, tidur, refreshing dan belajar dengan baik karena jadwal penyelesaian tugasnya telah tertata dengan rapi. Dengan demikian, penyusunan skala prioritas sangat bermanfaat dalam menyelesaikan tugas agar mendapatkan hasil yang maksimal. (Indraswari)

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Iya min,memang mmbuat skala prioritas memang sangat diperlukan,terutama bagi kita yang sulit membagi waktu dan tenaga

    BalasHapus

- Copyright © Pondok Ilmu Smanta - - Powered by Blogger - Designed by All -